Saturday, May 14, 2011

Mengubah Resolusi dibacktrack 5


Kemarin pas ane install Backtrack 5 dibackbox,maka ane mendapati bahwa Resolusi standard untuk Backtrack 5 adalah 800 x 600,mungkin terlalu kecil bila digunakan,apalagi buat ane yang sering buka banyak file sekaligus.Sekarang tugas kita adalah bagaimana cara menggubah resolusi tersebut,ane ingetnya kalau mau menggubah resolusi harus cari file yang namanya xorg.conf baru nanti ganti nilai Modesnya,nah biasanya itu file ada difolder /etc/X11/xorg.conf,pas ane cari ngak ada,akhirnya ane cari digoogle akhirnya ketemu di sini.Pada Backtrack 5 file tersebut berada difolder /usr/share/xresprobe/xorg.conf.

Jadi setelah ketemu itu file sekarang cara mengubah resolusinya adalah :

1. Jalankan Terminal
2. ketik gedit /usr/share/xresprobe/xorg.conf


3. Didalam gambar tertulis Modes "1024x768",ubah 1024x768 dengan resolusi yang diinginkan.jika kita mengubah nilai Modes,maka kita harus mengubah semua nilai Modes didalamnya.


4. Keluar dari backtrack dengan tombol diujung kanan.
5. kemudian masuk lagi dengan mengetik startx maka resolusi Backtrack telah berubah.

kontraktor acp

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

20 comments:

  1. punya saya kok g bisa mas? saya pake yg kde

    ReplyDelete
  2. mas kemaren aku udah ngistal bt5 instalasinya sukses tapi pada saat booting ulang trus saya ketik "startx" laptop saya crash..aku pake laptop merek asus...mas kalaw bisa tutorialnya diposting..biar saya dan teman2 yang punya masalah yang sama bisa belajar...thanks

    ReplyDelete
  3. @ Soi_Krucil: salah satu solusi masalah "startx", coba cara ini bro .. cocok utk laptop2 yg video cardnya intel HD integrated video

    1- pada menu grub (sblm masuk bt5) KETIK HURUF 'e' utk edit opsi login bt5

    2- cari dan ganti kode:
    text splash nomodeset vga=791
    menjadi:
    text splash i915.modeset=1

    3- enter dan mudah2an bisa masuk stlh ngtik 'startx'

    4- edit file konfigurasi grub biar ga ngedit stiap kali mo login:
    nano /boot/grub/grub.cfg
    (ikutin cara nomor 2 di atas)

    smoga berhasil ;-)

    ReplyDelete
  4. mas klo saya pas selesai instal mw masuk..ada tulisan out of range,, apa itu resolusinya yg terlalu tinggi???mohon pencerahan.

    ReplyDelete
  5. iyah,jadi resolusi nya dikecilin aja..

    ReplyDelete
  6. kok ane gak bisa sob padahal sudah ngikuti cara di atas...

    ReplyDelete
  7. masalahnya apa gan?trus coba cara yang mana?

    ReplyDelete
  8. Mas saya sudah mengikuti cara Mas Octo tapi settingan udah di 1024x768 saya bingung mau saya rubah menjadi 1280x720 takut enggak kuat.
    saya pake motebook lenovo..

    biar resolusi tampak luas itu harus di rubah brapa Gan..???

    ReplyDelete
  9. saya sudah mencoba cara-cara di atas tidak ada maslah mas udah saya startx/reboot
    yang jadi pertanyaan saya mengapa resolusi 1024x768 tidak terdapat di configure displaynya??

    dimanakah kesalahan saya

    mohon pencerahannya
    gak tahan mas hurufnya gede amat buat sakit mata

    ReplyDelete
  10. om.. kalo monitornya Unknown , solusinya gimana?

    ReplyDelete
  11. ngk bisa om...
    teap ja ngk brubah...

    ReplyDelete
  12. @deel

    Komputer sahabat merek apa? mungkin komputer sahabat kurang kompetibel, atau perlu diinstall driver untuk grafiknya.

    ReplyDelete
  13. wah bisa nih om :D thank you om :D yang di cari ketemu juga :D

    ReplyDelete
  14. laptop sy asus K40IE dgn vga nvidia geforce 310M,backtrack 5 gnome 32. gimana yah cara instal vganya supaya tampilannya ga besar seperti sekarang (800x600) ?
    terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  15. Saya pakai 4520. habis instal monitor/layar tidak terdetek jadi tidak sampai fullscreen, hanya 720x546. apa itu karena faktor vga juga? minta solusi gan. trims..
    facebook.com/arjuna.shakti

    ReplyDelete
  16. Salam mas GK..
    mau tanya mas, saat saya mau coba instal BT5 R3 pas saya ketik "startx" tiba2 ada tulisan ..
    "input signal
    out of range"

    trus layar menjadi gelap mas.. mohon solusinya mas..
    saya pake monitor LCD resolusi 1024x768 (4:3) mas.. ini saat ke deteksi di ubuntu saya..
    Incinya saya ga pasti nih mas skitar 15-16 inchi mungkin mas.

    ReplyDelete
  17. @Anonymous1
    Coba ikutin tutorial yang ini : http://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=380665895&postcount=1156

    @Anonymous2
    Bisa jadi karena faktor vga, karena rata-rata yang bermasalah itu karena adanya grafik cardnya yang tidak suppport.

    @Anonymous3
    itu setting resolusinya terlalu besar buat monitornya, coba buka file xorg.conf di folder /usr/share/xresprobe/ kemudian ubah resolusinya jd 1024x768.

    ReplyDelete

Silahkan meninggalkan pesan jika artikel diatas membantu anda,:)

 
biz.