Saturday, August 4, 2012

Suspend, Hibernate, dan Sleep di BackTrack

Seperti yang kita tau bahwa manajemen power di linux tidak sebaik sistem operasi seperti windows dan mac os. Akan tetapi manajemen power sangat dibutuhkan untuk tetap menjaga kualitas performa dari komputer yang sedang kita gunakan. seperti yang kita ketahui bahwa banyak cara untuk melakukan manajemen power di sistem operasi linux, diantara lainnya adalah hibernate, suspend, sleep. Sebelum kita mengatahui bagaimana melakukan hibernate suspend dan sleep diBackTrack (kebetulan ada sahabat yang juga merequest artikel ini untuk posting) perlu kita mengerti apa itu hibernate, suspend, sleep dan bagaimana cara kerjanya.
Hibernate

Hibernate mode adalah cara untuk menyimpan energi. Ketika proses hibernate berlangsung yang sebenarnya terjadi adalah sebelum hardware mati total seluruhnya, komputer menciptakan sebuah snapshot dari sistem yang berjalan saat itu. Dan ketika di resume, snapshot itu akan tampilkan kembali seperti saat sebelum semua hardware/komputer dimatikan.
Fitur hibernate biasanya digunakan pada notebook yang memiliki daya baterai terbatas. Ada juga masalah yang bisa ditimbulkan akibat perangkat lunak untuk hibernate yang tidak kompatibel sehingga mengakibatkan error saat komputer melakukan restart.

Sleep dan Suspend

Sleep mode ada banyak nama lainnya, Stand By (Microsoft Windows 98-Server 2003), Sleep (Mac OS 8-Mac OS X, Windows Vista, Windows 7, Windows Server 2008), dan Suspend (Windows 95, Linux), jadi sebenarnya Sleep dan Suspend itu adalah sama.
Saat sleep mode yang terjadi sebenarnya sistem mati dan semua snapshot disimpan kedalam RAM tidak seperti Hibernate yang disimpan didalam hardisk. Perbedaan sleep dan hibernate yang lain  adalah sleep tetap membutuhkan energi karena snapshot disimpan di dalam RAM.

Setelah sahabat mengerti apa itu Suspend, Hibernate, dan Sleep, kita akan melihat bagaimana melakukan Suspend, Hibernate, dan Sleep di BackTrack. Ada cara yang bisa dilakukan, yang pertama adalah melalui perintah melalui terminal (cari artikel perintah dasar linux) dan yang kedua adalah menambahkan tombol power pada panel BackTrack.

Perintah Suspend, Hibernate, Sleep di Linux/BackTrack
  1. Buka terminal dan jalankan sebagai root.
  2. Untuk suspend dan Sleep sahabt bisa menggunakan perintah berikut :
    root@bt:~# pm-suspend
  3. Untuk hibernate sahabat bisa menggunakan perintah berikut :
    root@bt:~# pm-hibernate
Menambahkan Tombol Power pada panel BackTrack
  1. Klik kanan pada panel, pilih "Add to Panel...".
  2. Scroll kebawah cari "Shut Down.. Shut down the computer" lalu klik tombol "Add".
  3. Untuk mengatur posisi menu dipanel klik kanan pada menu power, pilih "Move".
  4. Sekarang jika sahabat ingin melakukan Suspend, Hibernate, dan Sleep tinggal klik pada menu power di panel.
Semoga tutorial ini bisa membantu sahabat, khususnya pembaca setiap www.gilakomputer.net, Sukses Selalu.
http://www.cyberciti.biz
http://en.wikipedia.org
http://www.gentoo.org
Keyword Search :
Manajemen power di Linux, Tutorial suspend hibernate dan sleep di BackTrack, Suspend hibernate sleep BackTrack

kontraktor acp

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

5 comments:

Silahkan meninggalkan pesan jika artikel diatas membantu anda,:)

 
biz.