Wednesday, April 27, 2011

Cara mudah Install Ubuntu 10.4

Download ISO image Ubuntu 10.04 LTS desktop sesuaikan dengan motherboard Anda yaitu AMD pilih am64 atau Intel pilih i386.Burn ISO ke DVD blank pada speed yang paling rendah (4x),agar lebih menjamin untuk bisa booting,penulis merekomendasikan Magic Iso.

Masukan CD Ubuntu Ubuntu 10.04 LTS desktop , dan mulailah booting.


Kemudian pilih bahasa dan klik tombol Install Ubuntu 10.04 LTS.

Berikutnya akan tampil peta dunia. Pilih salah satu kota misalnya Jakarta untuk timezonenya atau bisa pilih list Region dan Time Zone,Kemudian  tekan tombol Forward untuk lanjut.

 Berikutnya tentukan keyboard layout. Karena keyboard kita sama dengan amerika,pilih saja Suggested option : USA kemudian klik tombol Forward untuk lanjut.


Berikutnya partisi harddisk.
Ada 4 opsi yaitu :
1. Jika ada OS lain misalnya Windows 7 dan Anda mau dual boot… pilih opsi pertama : “Install them side by side, choosing between them at each startup.”
Catatan : ini hanya muncul kalau ada OS lain di komputer Anda dan setelah diinstall boot loader Windows akan ditimpa dengan boot loader Ubuntu.
2. Jika Anda akan menghapus OS yang lain itu atau harddisk sudah kosong dan Anda ingin installer otomatis lakukan partisi, silahkan pilih opsi kedua : “Use the entire disk.”


 3. Opsi ketiga yaitu "Use the largest continuous free space" , maka installer akan install Ubuntu 10.4 ke partisi kosong di komputer Anda.
4. Opsi keempat yaitu “Specify partitions manually"  ini hanya direkomendasi untuk advanced users yaitu bisa buat partisi khusus atau format partisi dengan jenis filesystem yang berbeda dan bisa juga create partisi /home dan bisa tetap ada kalau misalnya mau install ulang nantinya.

Berikut penjelasan detil cara partisi manual dengan /home :
  • Pilih tombol "Specify partitions manually (advanced)" and click the "Forward".
  • Pastikan harddisk yang anda pilih sudah benar. /dev/sda 1 adalah partisi pertama. /dev/sda 2 adalah partisi kedua di komputer Anda(jika ada sda 1,sda2,sda3,makan anda memiliki 3 partisi/drive). Jadi, pastikan drive mana yang Anda ingin format kalau salah maka data di harddisk tersebut akan "HILANG SEMUA".
  • Jika partisi yang anda pilih itu kosong (tidak ada OS atau data penting), dan anda ingin menyatukan semua partisi menjadi 1. Pilih satu partisi lalu klik tombol "Delete" , hingga akhirnya muncul kata “free space”. Lakukan hal yg sama untuk partisi-partisi yang lain sampai hanya muncul 1 baris kata “free space”,dan nanti semua partisi yang anda delete,free spacenya akan sebesar hardisk anda.
  • Pilih baris "free space" tadi, klik tombol Add dan di window yang muncul ketik angka yang anda inginkan di “New partition size in megabytes” dan pilih opsi "swap area” dari list "Use as:". Klik tombol OK setelah beberapa detik muncul baris "swap".(swap biasanya 2 kali dari ukuran memory,misalnya memory anda 1 Gb maka swapnya bernilai 1024 * 2 = 2048 Mb)
  • Pilih lagi baris "free space", klik tombol Add dan pilih opsi Primary lalu ketik angka yang anda inginkan di "New partition size in megabytes" dan pilih / sebagai "Mount point". Klik tombol OK setelah beberapa detik akan muncul baris "ext4 /".( Mount point / biasanya antara 30 sampai 50 Gb ).
  • Pilih lagi baris "free space", klik tombol Add dan pilih opsi Primary lalu ketik angka yang anda inginkan di "New partition size in megabytes" dan pilih /home sebagai "Mount point." Klik tombol OK setelah beberapa detik akan muncul baris "ext4 /home".(mount point /home biasanya sisa dari partisi).
 Tampilannya akan seperti dibawah ini.

Klik Tombol Forward untuk melanjutkan.

Di screen Who are you? silahkan isi data selengkapnya.Kemudian tekan next untuk lanjut.







Akhirnya sampai di step terakhir. Di sini, Anda bisa install boot loader di partisi atau di harddisk.(jika anda memilih dualboot pilih install boot dihardisk).
Klik tombol Install untuk lanjut.


 

Selamat menuggu,^^

setelah selesai window akan muncul memberitahukan instalasi telah selesai. Klik tombol “Restart Now”

 CD akan keluar secara otomatis,keluarkan CD lalu tekan keyboard "Enter" untuk reboot. Komputer akan restart dan dalam beberapa detik Anda akan melihat Ubuntu boot splash seperti dibawah.




Di layar login, ketik username Anda lalu ketik passwordnya. Klik tombol "Log In" atau tekan "Enter".
 Enjoy Ubuntu 10.04 LTS.

kontraktor acp

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan meninggalkan pesan jika artikel diatas membantu anda,:)

 
biz.